Vitamin Ternak Domba seperti apa yang di sarankan ?

Para peternak berusaha untuk menghasilkan domba yang sehat, gemuk, dan bobotnya mencapai target karena permintaan akan bulu, daging, dan susu domba selalu meningkat. Untuk menghasilkan domba-domba seperti itu, pemberian pakan dan kenyamanan kandang benar-benar harus diperhatikan. Selain itu, peternak juga dapat memberikan vitamin untuk memenuhi kesehatan domba yang kemungkinan tidak didapatkan setiap harinya.

Sebenarnya di dalam pakan hijauan, sudah mengandung banyak vitamin. Jika ingin memiliki domba yang sehat dan gemuk, para peternak dapat memberikan vitamin tambahan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan domba. Tetapi, ada juga peternak yang tidak memberikan vitamin ternak dombasehingga pertumbuhannya tidak meningkat dan akhirnya akan gulung tikar.

Manfaat Vitamin Untuk Ternak Domba

Pemberian vitamin tambahan untuk ternak domba sangatlah penting dilakukan karena vitamin memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  1. Dapat memberikan nutrisi tambahan pada ternak domba.
  2. Dapat menggemukkan dan menyehatkan domba karena nafsu makannya meningkat.
  3. Dapat mengurangi bau pada kotoran domba.
  4. Dapat merangsang hormon-hormon pertumbuhan sehingga tumbuh besar dengan cepat.
  5. Dapat meningkatkan kerja enzim yang ada di dalam saluran pencernaan sehingga domba terhindar dari penyakit pencernaan, seperti diare.
  6. Dapat meningkatkan kualitas bulu, daging, dan susu domba.
  7. Dapat meningkatkan produktivitas domba.

Jenis Vitamin Untuk Ternak Domba

Semakin meningkatnya permintaan pasar akan bulu, daging, dan susu domba, membuat para peternak berusaha untuk menghasilkan domba-domba yang memenuhi standar, seperti bobotnya yang mencapai target, kesehatannya yang terjaga, dan produktivitasnya yang meningkat, sehingga ternak tersebut menjadi lebih berkualitas dan lebih bernilai ekonomi. Salah satu cara yang dilakukan oleh para peternak adalah dengan memberikan vitamin. 

Ada dua jenis vitamin ternak dombayang aman dan tidak menimbulkan efek samping yang merugikan, yaitu vitamin yang larut di dalam air dan vitamin yang larut di dalam lemak.

  1. Vitamin Yang Larut Di Dalam Air

Contoh vitamin yang larut di dalam air adalah vitamin B kompleks dan vitamin C.

  • Vitamin B Kompleks

Manfaat vitamin yang terdiri atas vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12 ini untuk ternak domba adalah membantu sistem metabolisme sel, menghasilkan energi untuk beraktivitas, menjaga kesehatan otot dan saraf, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu untuk menghasilkan protein dalam tubuh.

  • Vitamin C

Manfaat vitamin C untuk ternak domba adalah meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah stres, dan menghasilkan zat antioksidan,

  • Vitamin Yang Larut Di Dalam Lemak

Contoh vitamin yang larut di dalam lemak adalah vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

  • Vitamin A

Manfaat vitamin A untuk ternak domba adalah menjaga kesehatan mata dan kulit, meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan sel, serta meningkatkan sistem kekebalan dan daya tahan tubuh. 

  • Vitamin D

Manfaat vitamin D untuk ternak domba adalah menguatkan gigi dan tulang serta membantu dalam penyerapan kalsium.

  • Vitamin E

Manfaat vitamin E untuk ternak domba adalah meningkatkan bobot, memperlancar saluran pencernaan, zat antioksidan, melindungi sel, dan menjaga kesehatan sel darah merah.

  • Vitamin K

Manfaat vitamin K untuk ternak domba adalah menjaga kesehatan pasca-melahirkan dan mempercepat proses pembekuan darah.

Jika Anda ingin mengetahui vitamin ternak dombalebih detail, silakan kunjungi www.pelatihanpeternakan.comuntuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Farm 78 Jogja. Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

1
Klik tombol logo WA untuk bertanya ..
Powered by