Peluang Bisnis Budidaya Domba Merino 2019 – 2020

Berbisnis saat ini menjadi alternatif yang efektif bagi sebagian orang, yang dapat dilakukan di berbagai sektor dan sektor peternakan menjadi salah satunya memanfaatkan peluang bisnis budidaya domba merino. Di Indonesia masyarakat mulai melirik peluang bisnis budidaya domba merino, beternak domba merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Akan tetapi,  belum banyak diminati oleh masyarakat di negara kita. Banyak negara-negara maju di dunia seperti Australia dan Eropa, ternak domba memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi karena domba menghasilkan wol dan daging. 

Peluang Bisnis Budidaya Domba Merino 2019 - 2020

Apa Itu Domba Merino?

Domba merino adalah domba yang berasal dari Asia Kecil, domba ini banyak berkembang di Spanyol kemudian menyebar ke Inggris dan Australia. Domba jenis ini adalah penghasil wol dengan kualitas terbaik, sehingga banyak di kembang biakkan untuk produksi wol. Domba jenis ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Seluruh badan terutup wol yang cukup tebal dan merata.
  2. Domba jantan bertanduk besar dan membelit, domba betina tidak bertanduk.
  3. Tubuh yang besar, berat pejantan mencapai 70 kg dan betina berkisar 45 kg.

Peluang Bisnis Domba Morino Di Indonesia

Di Indonesia domba lebih banyak diternakkan hanya untuk diambil dagingnya saja. Walaupun demikan peluang bisnis budidaya domba merino di Indonesia masih terbuka lebar dan memiliki prospek yang cerah. Dengan memiliki bentuk tubuh dan bobot yang besar, domba jenis ini memiliki daging yang banyak. Ditambah lagi permintaan daging domba di Indonesia terus bertambah sedangkan ketersediaannya belum mencukupi. Oleh karena itu, peluang usaha bisnis domba ini memiliki masa depan yang cukup menjanjikan. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini pasti Anda bertanya-tanya, apa sih keunggulan yang menjadikan domba merino ini sebagai peluang bisnis yang menarik? 

  1. Domba merino tak hanya dapat diproduksi sebagai penghasil woll terbaik saja, tetapi dapat juga sebagai penghasil daging karena cukup cepat bertumbuhannya.
  2. Domba ini mudah beradaptasi dengan lingkungannya, sehingga mudah dalam pemeliharaannya. Kondisi yang relaitif panas atau dingin tidak menjadi penghalang, karena seluruh tubuhnya tertutup oleh bulu. Bulu yang tebal disekujur tubuh domba ini menjadikannya tidak membutuhkan banyak minum. Anda cukup memberikan pakan hijauan untuk memenuhi kebutuhan air domba ini.
  3. Dompat cepat berkembang biak, dalam waktu dua tahun saja domba jenis ini dapat beranak sebanyak tiga kali, dimana dalam sekali beranak dapat menghasilkan 2 ekor anak domba.
  4. Tak hanya daging dan bulu yang dapat menghasilkan uang, kotoran dan karkas domba dapat juga dijual. Kotoran domba banyak di cari untuk kebutuhan pupuk tanaman dan berguna bagi pengaetan tanah. Sedangkan karkas domba yang berupa kulit memiliki nilai tambah karena dapat dijual dengan harga yang tinggi.
  5. Memulai bisnis domba tak membutuhkan modal yang banyak, dengan modal kecil yang Anda miliki bisnis peternakan domba bisa berjalan. Hal ini disebabkan domba dapat diusahakan dengan kandang yang sederhana serta pakan berupa hijau-hijauan yang mudah di dapat. 

Semua keuntungan tersebut dapat anda dapaatkan dengan mudah jika prosedur peternakan dilakukan secara intensif dan baik. Banyak keuntungan dan keunggulan yang didapat pada peluang bisnis budidaya domba merino ini.

Bagaimana? Apakah Anda mulai tertarik dengan peluang bisnis ini? Sebagai pemula atau anda bahkan sudah lama menggeluti budidaya domba marino, dan anda ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal dari bisnis ini Anda dapat mengikuti pelatihan di www.pelatihanpeternakan.com.  Berbagai tips dan trik mengenai budidaya serta segala informasi untuk memaksimalkan usahan peternakan domba Anda tersedia. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Open chat
CHAT WA Disini