Pakan Ternak Domba Yang Baik modern 2019

Domba menjadi salah satu hewan pemamah biak atau ruminansia yang diternakkan untuk dimanfaatkan bulu, daging, dan susunya. Beternak domba dapat menjadi alternatif usaha Anda yang tidak terlalu sulit karena tubuh domba relatif kecil, cepat dewasa, dan tidak membutuhkan tempat atau kandang berukuran besar.

Untuk menghasilkan domba terbaik, Anda harus memerhatikan pakannya. Pakan ternak domba yang baikharus berkualitas tinggi dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh domba, seperti serat, protein, mineral, lemak, karbohidrat, dan air. Meskipun demikian, kebutuhan nutrisi setiap domba per harinya berbeda-beda, bergantung pada bobot, fase, jenis, kondisi tubuh, lingkungan tempat tinggal, dan usia.

Jenis Pakan Ternak Domba Yang Berkualitas Dan Baik

Pakan ternak domba adalah semua bahan pakan yang diberikan, bermanfaat, dan tidak menimbulkan efek negatif bagi pertumbuhan domba. Ada dua jenis pakan ternak domba yang dapat Anda berikan, yaitu hijauan dan konsentrat.

  1. Hijauan

Hijauan yang baik adalah hijauan yang tidak terlalu tua, tidak terlalu muda, dan menjadi pakan utama untuk beternak domba karena mengandung serat kasar yang cukup tinggi. Hijauan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

  1. Leguminosa

Contoh pakan hijauan leguminosa adalah daun lamtoro, glyricidia, kaliandra, dan turi.

  • Rumput

Contoh pakan hijauan rumput adalah rumput gajah, rumput odot, rumput raja, dan rumput setaria.

  • Rumput Gajah

Rumput gajah menjadi pakan ternak domba yang baikdan banyak dijumpai di areal persawahan. Ciri-cirinya adalah berbatang keras dan tebal, dapat berbunga seperti es lilin, berdaun panjang, serta memiliki tinggi hingga 5 meter. Jika ingin membudidayakan rumput gajah, Anda harus memupuknya dengan pupuk alami atau pupuk kimia agar tumbuh subur dan hasilnya bagus.

  • Rumput Odot

Rumput odot memiliki ciri-ciri batangnya gemuk, pendek, dan lebih lunak saat musim hujan, daunnya lebat, membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh, tidak dapat tumbuh di genangan air atau di tempat yang basah, serta tingginya hanya 1 meter.

  • Rumput Raja

Rumput yang dikenal juga dengan king grassini memiliki ciri-ciri batangnya keras dan tebal, daunnya lebar dan agak tegak, ada bulu panjang di daun dekat liguna, permukaan daunnya luas dan tidak berbunga kecuali ditanam di daerah dingin, tingginya dapat mencapai 4 meter, serta tumbuh tegak berumpun.

  • Rumput Setaria

Rumput yang dikenal juga dengan rumput setaria lampung ini memiliki ciri-ciri batangnya lunak berwarna merah keunguan, pangkal batangnya pipih, daunnya lebar dan halus berwarna hijau gelap, pelepah daunnya berbentuk seperti kipas, tingginya dapat mencapai 2 meter, tumbuh tegak berumpun lebat, serta dapat bertahan di genangan air.

  • Sisa Hasil Panen

Contoh pakan hijauan sisa hasil panen adalah daun nangka, daun pisang, daun ubi, jerami jagung, jerami kacang kedelai, dan jerami kacang tanah.   

  • Konsentrat

Konsentrat bukanlah sebagai pakan utama, tetapi hanya sebagai pakan tambahan pada domba. Konsentrat dibagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai sumber energi dan sebagai sumber protein.

  1. Sebagai Sumber Energi

Konsentrat ini memiliki kandungan protein kurang dari 18 persen. Contohnya adalah dedak, empok, jagung, dan polar.

  • Sebagai Sumber Protein

Konsentrat ini memiliki kandungan protein lebih dari 18 persen. Contohnya adalah bungkil kedelai, bungkil kelapa, bungkil kelapa sawit, bungkil wijen, tepung biji kapuk, tepung bunga matahari, dan tepung kedelai.

Jika Anda ingin mengetahui pakan ternak domba yang baiklebih mendetail, silakan daftarkan diri dan ikuti pelatihan di www.pelatihanpeternakan.com

Leave a Reply

1
Klik tombol logo WA untuk bertanya ..
Powered by