Cara Ternak Kambing Supaya Cepat Gemuk

Beternak kambing di Indonesia sangat menguntungkan karena banyak kuliner di Indonesia yang menggunakan daging kambing. Seperti sate, tongseng, dan lainnya. Selain itu, Indonesia adalah negara dengan penduduk ummat islam paling besar di dunia. Sehingga banyak memerlukan kambing untuk hari raya qurban Idul Adha. 

Cara Ternak Kambing Supaya Cepat Gemuk

Agar hasil kambing piaraan cukup bagus, berikut ada beberapa cara ternak kambing supayagemuk. 

  1. Memilih Lokasi Peternakan Jauh Dari Area Bising

Perlu diketahui, kambing memerlukan suasana yang nyaman dan tenang untuk bisa menjaga nafsu makannya tetap stabil. Maka dari itu, pemilihan lokasi peternakan yang jauh dari hiruk pikuk jalan raya perkotaan, pabrik dan keramaian lainnya sangat mempengaruhi gemuk tidaknya kambing. Dengan lokasi peternakan yang tenang dan jauh dari kebisingan, nafsu makan dan kesehatan kambing akan meningkat sehingga dapat dengan mudah menggemukkan badannya.

  • Membuat Kandang Kambing Yang Sesuai

Selain memperhatikan lokasi, tempat pembuatan kandang juga harus diperhatikan betul-betul. Ada sirkulasi udara yang baik. Agar kotoran kambing cepat mengering dan bau busuknya dengan mudah terbawa angin. Ini akan menjaga kesehatan kambing. Dengan kesehatan yang terjaga, kambing akan jarang sakit dan akan berimbas pada gemuknya badan. 

  • Pastikan Mendapat Sinar Matahari Yang cukup

Sinar matahari yang cukup tidak harus menjemur kambing di bawah sinar matahari yang terik. Karena itu justru akan menyakitinya. Cukup tempatkan kambing dengan pencahayaan matahari yang cukup dan tidak terlalu terik. Contohnya dibawah pohon rindang dimana kambing bisa berteduh di bawahnya. Dengan cahaya matahari yang cukup, area kandang akan terhindar dari bakteri yang akan mengganggu kesehatannya.

  • Tempatkan Kambing Pada Kandang Yang Luasnya Memadai

Ini sangat penting untuk tumbung kembang kambing serta perkembangbiakannya. Pastikan agar kambing bisa leluasa bergerak. Area yang pas untuk satu ekor kambing jantan seluas 1,1 X 1,25 meter untuk tiap ekornya.

  • Belilah Bibit Kambing Dengan Kualitas Unggul

Cara ternak kambing supaya gemukselanjutnya adalah dengan pemilihan kualitas yang unggul. Tidak bisa dipungkiri bahwa faktor genetika juga mempengaruhi kegemukan kambing. Maka dari itu, carilah bibit kambing dengan kualitas yang baik dan unggul.

  • Pemberian Pakan Yang Baik

Ini juga harus diperhatikan. Memberikan makan dengan kualitas terbaik. Sebenarnya sangat mudah mencari makan untuk kambing. Cukup rumput hijau yang segar. Namun tetap pastikan beberapa nutrisi tercukupi agar tidak hanya gemuk. Tapi juga sehat.

  • Berikan Makanan Tambahan Juga

Banyak yang mengatakan bahwa kunci dari gemuknya kambing selain dari bibit unggul dan makanan utamanya, juga dari makanan tambahan. Kambing perlu diberikanan makanan tambahan untuk mempercepat penggemukan dan proses reproduksinya. Makanan tambahan ini berupa campuran dari ampas tahu, racikan singkong dan bekatul.

  • Jangan Lupa Beri Minum Yang Cukup

Seperti halnya manusia, kambing juga perlu diberi minum yang cukup agar perkembangannya bagus. Cukup air putih yang bersih dan pastikan nimim bakteri.

  • Jagalah Selalu Kebersihan Kandang

Pastikan tiap hari membersihkan kandang dari berbagai kotoran. Termasuk kotoran kambing itu sendiri. Jika tidak sering dibersihkan, maka kotoran akan membusuk dan mengganggu nafsu makan serta kesehatan kambing sendiri.

Agar lebih jelas bagaimana cara ternak kambing supaya gemuk, cobalah mengikuti pelatihan peternakan. Di sini anda akan diajari bagaimana beternak kambing atau domba sehingga menghasilkan hewan ternak yang berkualitas. Jika berminat, segera kunjungi www.pelatihanpeternakan.com. Beragam pengetahuan tentang budidaya hewan ternak yang baik dan menguntungkan bisa anda daparlan di sini.

Leave a Reply

Open chat
CHAT WA Disini