Cara Ternak Kambing Etawa Agar Cepat Gemuk

Sebelum banyak membahas mengenai cara ternak kambing etawa agar gemuk, sebaiknya anda kenali terlebih dahulu apa itu kambing etawa. Mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama “susu kambing etawa”. Susu kambing yang kadar proteinnya sangat tinggi. Bahkan melebihi telur dan hampir disamakan dengan ASI. Maka tidak heran jika harga susu kambing etawa mahal. Karena kualitasnya yang bagus.

Cara Ternak Kambing Etawa Agar Cepat Gemuk

Hal inilah yang membuat banyak peternak melirik bisnis peternakan kambing etawa. Dimana yang diambil bukan hanya dagingnya namun susunya juga. Secara garis besar, ternak hewan kambing etawa terdiri dari 3 tahapan. Yaitu tahapan pembibitan atau pengadaan kambing, tahap pemberian makan dan tahap tata pelaksanaannya. Untuk lebih jelasnya, akan di bahas satu per satu.

  1. Tahap Pembibitan Atau Pengadaan Kambing

Jangan sembarangan membeli bibit. Karena ini adalah tahap awal sekaligus penentunya. Belilah bibit kambing dari pedagang yang terpercaya. Agar tidak salah pilih atau bahkan tertipu jika sebagai pemula. Ciri-ciri bibit pejantan yang baik adalah mempunyai punggung yang lurus, berkaki kokoh, poster tubuhnya gagah dan kekar, berumur kurang lebih 1,5 tahun dan tidak memiliki cacat.

Sedangkan indukan betina yang bagus mempunyai ciri-ciri mempunyai puting dua buah, jinak, berkaki lurus dengan tubuh yang tinggi simetris, bertumit cenderung simetris serta tidak mempunyai cacat.

  • Tahap Pemberian Makan

Tidak seperti kambing biasa yang bisa disamaratakan dalam hal makanannya. Pemberian makan pada kambing etawa disesuaikan dengan tingkatan usia pada tiap kambing. Cara ternak kambing etawa agar cepat gemuk adalah dengan pemberian makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin dan protein yang mudah dicerna oleh kambing.

Untuk mendapatkan makanan ternak dengan kualitas yang lebih baik daripada rumput atau daun-daunan hijau, belilah makanan kambing yang sudah melalui pemprosesan terlebih dahulu. Selain mengandung nutrisi yang lebih baik, juga bisa disesuaikan dengan tingkatan usia. 

Tak hanya makanan. Kambing juga memerlukan air dan garam beryodium. Untuk air, seekor kambing membutuhkan 2 liter air setiap harinya. Campurkan garam dalam air agar kadar yodiumnya terpenuhi.

  • Tahap Pelaksanaan

Yang dimaksud tahap pelaksanaan disini adalah mengenai kandang yang digunakan. Kandang yang bersih, lega, ada sirkulasi udara yang baik, jauh dari pemukiman serta cukup sinar matahari adalah sarat mutlak untuk perkembangan kambing yanh baik. Sinar matahari berfungsi untuk mengeringkan kotoran kambing yang tersisi sehingga bakteri tidak tumbuh subur di dalamnya.

Selain itu, membersihkan kandang secara berkala juga wajib hukumnya. Agar kesehatan kambing terus terjaga. Kandang yang bersih juga sangat efektif untuk meningkatkan nafsu makan kambing. Sehingga kambing tumbuh dengan baik serta mempunyai air susu yang melimpah.

Teruslah merawat kambing meski telah memasuki masa panen. Karena tak hanya susu yang laku dijual. Daging dan kulitnya juga banyak yang berminat membeli. Termasuk juga kotorannya sebagai bahan pupuk kompos.

Itulah 3 inti pokok bagaimana cara beternak kambing etawa yang baik. Mungkin ada beberapa penjelasan di atas yang masih kurang kurang dimengerti dikarenakan membutuhkan praktek yang nyata. Untuk bisa melihat secara nyata dari ahlinya, ikutilah pelatihan peternakan kambing etawa langsung dari empunya. Yang telah membuktikan berhasil menjadi pebisnis ternak kambing etawa. Anda bisa menggali ilmu di sini. 

Untuk lebih jelasnya mengenai pelatihan cara ternak kambing etawa agar cepat gemuksecara nyata, kunjungi www.pelatihanpeternakan.comsaja.

Leave a Reply

1
Klik tombol logo WA untuk bertanya ..
Powered by