Cara Ternak Kambing Agar Cepat Untung

Kalau berterak kambing itu sebuah bisnis yang cukup menjanjikan, kenapa banyak peternak yang merasa rugi? Karena kebanyakan mereka banyak yang tidak paham bagaimana trik dan cara ternak kambing agar cepat untung. Terutama para peternak tradisional yang tidak mau banyak belajar mengenai cara beternak kambing yang baik.

Padahal, keperluan kambing di Indonesia cukup besar. Mengingat ummat islan di Indonesia cukup dominan. Banyak yang memerlukan kambing untuk acara aqiqah dan Idul Adha. Selain dimanfaatkan dagingnya, kambing juga dimanfaatkan susu serta kulitnya. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis ternak kambing ini.

Beberapa alasan yang menyebabkan kerugian saat beternak kambing, antara lain:

  1. Banyak yang tidak serius menjadikan ternak kambing sebagai bisnis. Kebanyakan dari mereka hanya menjadikan ternak kambing sebagai bisnis sampingan yang tidak terlalu bisa diandalkan keuntungannya.
  2. Ternak kambing masih dijalankan secara tradisional. Yang mana banyak menelan energi dan biaya, namun kambing yang dihasilkan kurang berkualitas dan berharga rendah.
  3. Sikap yang tidak mau berkembang dan open minded dari para peternak tradisional mengenai berbagai ilmu peternakan yang telah berkembang. Mereka masih tetap menggunakan cara lama yang kurang efektif dan lebih sering menderita kerugian. Jika rugi, yang disalahkan adalah keadaan lingkungan. Bukan cara beternaknya.
  4. Banyak informasi salah yang diterima oleh pakan peternak. Misalnya penggunaan gedebog pisang untuk fragmentasikan sebagai pakan ternak. Karena hal tersebut tidak akan menjadikan kambing gemuk dan sehat. Tapi sebaliknya. Justru akan membuat kambing rusak.
  5. Lebih parahnya, banyak juga pemula yang memulai bisnis ternak kambing dengsn informasi yang serba salah. Dan tidak paham sama sekali bagaimana cara ternak kambing agar cepat untung.

Setelah paham berbagai kelemahan yang  dialami para peternak, lantas apa yang bisa dilakukan agar bisa menjadi peternak kambing yang sukses?

Cara Ternak Kambing Agar Cepat Untung
  1. Belajarlah dengan serius dan sebaik-baiknya bagaimana menjadi peternak kambing yang berhasil. Buka fikiran untuk bisa menerima segala ilmu baru sebagai sebuah jembatan untuk berhasil.
  2. Rencanakan bisnis dengan matang. Buat pola dan peta kapan mulai hingga kapan target waktu panen. Berencanalah dengan realistis dengan belajar dari banyak kegagalan dan keberhasilan peternak lain.
  3. Pilihlah bibit yang unggul agar hasil ternak bisa maksimal. Karena, pemilihan bibit yang unggul adalah awal sebuah langkah untuk keberhasilan. Karena, kalau bibitnya saja sudah unggul maka pemeliharaannya juga akan mudah.
  4. Buatlah kandang yang sesuai dengan fungsinya. Jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk kota. Agar kambing bisa tenang dan dan tumbuh dengan sempurna. Selain itu, kandang juga cukup sinar matahari serta terjaga kebersihannya.
  5. Menyediakan pakan kambing yang sesuai. Baik makanan utama maupun makanan tambahan serta air dan garam yang cukup. Ini sangat penting agar kambing tumbuh dengan baik, gemuk, sehat dan berkualitas. Sehingga bisa memanennya tepat waktu.
  6. Perlunya tindakan pencegahan penyakit bagi kambing. Agar kambing bisa tumbuh sehat dan tidak sakit-sakitan.

Nah, pertanyaannya sekarang adalah, di mana anda bisa belajar ini semua? Belajarlah dari ahlinya. Mereka telah sukses menjadi peternak kambing dengan keuntungan yang melimpah. Belajarlah dengan serius seperti apa bisnis ternak kambing yang mereka jalankan. Di sini anda akan diajari bagaimanacara ternak kambing agar cepat untung. Jika berminat, kunjungi situs website www.pelatihanpeternakan.com. Segera kunjungi dan daftarkan diri anda untuk mengikuti pelatihan beternak kambing secara baik dan benar. 

Leave a Reply

1
Klik tombol logo WA untuk bertanya ..
Powered by