Cara Ternak Kambing Agar Cepat Panen

Asal tahu caranya, ternyata cara ternak kambing agar cepat panenbukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu tahu usia berapa kambing telah siap digemukkan badannya. Rata-rata, kambing sudah bisa diprosesgemukkan ketika kambing telah berusia antara 4-8 bulan. Dan proses penggemukan bisa dilakukan selama 3 bulan. Jadi ketika umur satu tahun, kambing telah siap panen dan siap untuk dijual. 

Cara Ternak Kambing Agar Cepat Panen

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum dan ketika proses penggemukan itu dilakukan. Agar berhasil mendapatkan kambing dengan badan yang gemuk dan kualitas terbaik. Perhatikan beberapa hal berikut ini. 

  1. Pemilihan Bibit Unggul

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mempercepat panen kambing adalah pemilihan bibit unggul. Dengan memilih bibit yang unggul, proses penggemukan akan lebih mudah dan cepat. Sehingga akan lebih cepat pula memanennya.

  • Pilih Lokasi Kandang

Memilih lokasi kandang yang strategis akan menunjang cepatnya kambing untuk gemuk dan dipanen. Lokasi yang strategis adalah lokasi kandang yang tenang jauh dari kebisingan. Misalnya bisingnya kendaraan, pabrik, dan kondisi perkotaan lainnya. Dengan lokasi yang tenang maka nafsu makan kambing akan terjaga. Sehingga mempermudah proses penggemukan.

Selain itu, buatlah kandang dengan sirkulasi udara yang baik dan cukup mendapatkan sinar matahari. Dengan sirkulasi udara yang baik, kotoran-kotoran kambing tidak cepat membusuk dan cepat mengering. Sehingga kesehatan kambing terjaga. Jangan membangun kandang dengan lingkungan yang dikelilingi gedung-gedung tinggi.

Pastikan juga kambing cukup mendapatkan sinar matahari tapi tidak terlalu panas. Seperti di bawah pohon rindang. Tidak terlalu panas tapi masih bisa terkena sinar matahari.

  • Pastikan Kebersihan Kandang

Cara ternak kambing agar cepat panen selanjutnya adalah dengan memperhatikan kebersihan kandang. Usahakan untuk membersihkan kandang kambing setiap hari. Bersihkan kandang dari kotoran dan sisa-sisa makanannya. Agar kesehatan kambing terjaga dengan baik. Selain itu, nafsu makannya juga terjaga. Sehingga kambing cepat gemuk dan cepat panen.

  • Perhatikan Pemberian Makanan

Makanan utama bagi kambing adalah makanan hijau seperti rerumputan atau daun-daunan yang tidak mengandung racun. Jumlah makanan hijau yang harus diberikan adalah 10% dari berat badan kambing per harinya. Diberikan 2-3 kali sehari. Selain makanan hijau, kambing juga perlu makanan tambahan. Seperti campuran ampas tahu, ampas singkong dan bekatul. Makanan tambahan ini hanya berfungsi untuk menambah nutrisi. Agar kambing yanh dihasilkan tidak hanya gemuk. Tapi juga sehat.

  • Tambahkan Juga Air Dan Garam

Seperti halnya makhluk lain, kambing juga memerlukan air untuk menjaga asupan cairan pada tubuhnya. Selain air, kebutuhan akan NaCl juga harus dipenuhi memmlalui garam. Sediakan selalu air dan garam pada tempat yang mudah dijangkau kambing selama 24 jam sehari. Agar jika sewaktu-waktu kambing membutuhkan, bisa mengambilnya sendiri.

  • Berikan Juga Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi berguna untuk menjaga daya tahan tubuh kambing agar tidak mudah sakit. Dengan tubuh yang kuat dan tidak mudah terkena penyakit, proses penggemukan akan jadi lebih mudah.

Nah, bagaimana cara pembutan makanan kering, pembuatan makanan fermentasi, bagaimana cara memilih bibit kambing unggul, dan bagaimana pula mengatur pola makan kambing untuk mendapatkan kambing yang gemuk dan sehat? Anda bisa mengikuti pelatihan beternak kambing. Di sini anda akan diajari secara langsung oleh ahlinya bagaimanacara ternak kambing agar cepat panen. Untuk info lebih lanjut anda bisa mengunjungi www.pelatihanpeternakan.com.

Leave a Reply

1
Klik tombol logo WA untuk bertanya ..
Powered by