Cara Ternak Domba Pembibitan di tahun ini

Ternak domba bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang dapat Anda pilih. Tentu saja pemilihan jenis usaha ini didasari pada beberapa alasan mendasar seperti kemudahan dalam pemeliharaan dan tersedianya bahan pakan yang dibutuhkan. Ternak domba ini pun dapat dipilih jenis perkembang biakan dengan menggunakan teknik pembibitan. Ada beberapa cara ternak domba pembibitan yang perlu anda ketahui.

Cara Ternak Domba Pembibitan di tahun ini

Teknik pembibitan atau breeding merupakan teknik ternak domba yang lebih banyak digunakan oleh sebagian besar peternak domba. Teknik ini menjadi teknik alami dan natural yang mengikuti siklus perkembang biakan atau reproduksi domba itu sendiri. Dalam menjalankan cara teknik domba pembibitan ini, ada beberapa hal yang patut untuk anda perhatikan.

Persiapan Bibit

Inilah hal pertama yang harus menjadi perhatian Anda dalam teknik pembibitan domba ini. Terdapat persyaratan umum dan khusus mengenai karakteristik dan sifat dari domba yang akan dijadikan sebagai indukan, baik itu domba jantan dan betina. 

Persyaratan umum adalah mengenai riwayat dari domba itu sendiri. Anda harus dapat memastikan dan memilih indukan domba yang tidak memiliki riwayat penyakit apapun. Atau, Anda dapat memilih indukan domba dari jenis yang memiliki kualitas tinggi.

Kualitas dari indukan ini akan sangat memberikan pengaruh pada anak yang akan dihasilkan. Terutama adalah indukan jantan, karena karakteristik dan kualitas anakan akan sangat dipengaruhi oleh kualitas di jantan. Bahkanpersentasekualitas ini dapat mencapai 70persen.

Selain mengenai riwayat penyakit, kualitas domba indukan juga dapat dilihat dari penampilan fisik domba tersebut. Anda harus memilih domba yang sehat tanpa cacat fisik. Anda pun harus meneliti semua system yang ada di dalam tubuh domba, termasuk juga system reproduksinya merupakan system yang sehat dan tak memiliki masalah.

Selanjutnya, untuk persyaratan khusus ini berkaitan dengan penampilan fisik dari si domba dan juga mengenai usia. Untuk menjadi indukan domba, memang terdapat beberapa kriteria tertentu yang membuat domba dikatakan layak untuk menjadi indukan.

Untuk indukan jantan, Anda dapat memilih domba dengan usia di atas satu tahun sampai satu tahun setengah dengan tinggi badan minimal 45cm dan berat badan minimal 15kg. sedangkan untuk indukan betina, pilihlah indukan betina dengan usia antara delapan bulan sampai setahun dengan tinggi badan minimal 40 cm dan berat badan minimal 10 kg.

Proses Perkawinan

Setelah menemukan domba indukan jantan dan betina dengan kualitas yang sempurna, proses selanjutnya adalah mempersiapkan proses perkawinan. Masa birahi domba betina berkisar antara 21 hari. 

Proses perkawinan dapat dilakukan secara alami dan juga buatan. Secara alami dapat Anda lakukan dengan mengkawinkan domba indukan jantan dan betina di masa birahi mereka. Sedangkan proses buatan dapat dilakukan dengan menyuntikan plasma nutfah ke dalam domba betina. Kedua jenis perkawinan dapat Anda pilih dengan melihat kondisi dari domba yang Anda ternakan.

Jika proses perkawinan berhasil, domba betina tidak akan menunjukan birahi lagi dalam jangka waktu 21 hari tersebut, dan kehamilan akan terjadi selama masa 150 hari sebelum proses kelahiran.Untuk dapat memiliki pengetahuan dan informasi lebih mengenai bagaimana cara teknik domba pembibitan dengan lebih lengkap serta berdasarkan pada narasumber yang sudah berkualitas di bidangnya, Anda dapat untuk menghubungi www.pelatihanpeternakan.com.Segala macam ilmu, pengetahuan dan informasi yang Anda butuhkan seputar teknik ternak domba dapat Anda peroleh dengan sangat mudah. Jangan ragu lagi untuk segara mengunjungi situs kami tersebut

Leave a Reply

1
Klik tombol logo WA untuk bertanya ..
Powered by