Cara Benar Pemberian Pakan Pada Kambing Domba

Salah satu faktor penting dalam keberhasilan ternak domba adalahcara pemberian pakan pada kambing domba.Karena meskipun domba didapat dari bibit unggul, jika salah dalan teknik pemberian makan juga tidak akan bisa gemuk seperti apa yang diinginkan. Maka dari itu, perhatikan beberapa cara pemberian makanan yang baik dan sesuai pada domba berikut ini.

Cara Benar Pemberian Pakan Pada Kambing Domba

Perlu diketahui, bahwa ada 3 jenis makanan untuk domba. Yaitu rumput hijau, makanan kering serta air dan garam. Di sini akan dibahas satu per satu.

  1. Rumput Hijau

Sebenarnya, makanan hijau pada domba tidak hanya sebatas rumput hijau saja. Tapi juga daun-daunan yang tidak mengandung racun. Banyaknya makanan hijau yang diberikan pada domba adalah sebanyak 10 persen dari berat badan domba. Atau rata-rata 5 kg per ekor dalam sehari. 5 kg ini tidak diberikan pada sekali makan. Namun dibagi 2 – 3 kali dalam sehari. Pagi, siang dan sore. Hal ini dimaksudkan agar sifat alami domba yang memamah biak bisa terpenuhi.

  • Makanan Kering

Selain makanan hijau, domba juga perlu makanan pelengkap berupa makanan kering. Cara pemberian pakan pada kambing dombaberupa makanan kering ini bisa didapatkan dari campuran antara ampas tahu, bekatul, ampas singkong, ampas kedelai dan sisa makanan di dapur. Karena sifatnya hanya melengkapi saja, maka pemberian makanan kering ini berguna untuk menambah nutrisi yang tidak didaparkan dari makanan hijau.

  • Air Dan Garam

Seperti halnya mahluk hidup yang lain, domba juga memerlukan air dan garam. Air untuk memenuhi kebutuhan cairan pada domba. Sedangkan garam berguna untuk memenuhi kebutuhan akan zat NaCl. Idealnya, pemberian garam sekitar 7 g per ekor tiap harinya. Letakkan air dan garam pada tempat tertentu yang mudah dijangkau oleh domba. Usahakan untuk menyediakannya selama 24 jam sehari. Agar domba bisa mengambilnya kapanpun yang mereka mau.

Setelah mengetahui macam-macam makanan bagi domba, langkah selanjutnya adalah bagaimana mengaplikasikan berbagai macam makanan tersebut pada domba. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni:

  1. Cacahlah terlebih dahulu makanan hijau sebelum memberikannya pada domba. Untuk mempermudah proses pencernaan pada perutnya.
  2. Pakan kering dan hijau bisa dicampur dan diberikan secara bersamaan.
  3. Namun untuk konsentrat dan bekatul, sebaiknya diberikan secara terpisah.

Bagaimana pola pemberian makan yang baik? Ada beberapa pola yang bisa diterapkan, antara lain:

  1. Pola 2 Kali Sehari

Pola ini menerapkan pemberian makanan berupa makanan tambahan pada pagi dan siang hari. Sedangkan pada sore hari diberikan makanan hijau.

  • Pola 3 Kali Sehari

Pola 3 kali sehari ini memberikan makanan tambahan pada pagi hari, makanan hijau pada sore hari sekitar jam 3 dan pada pukul 8 malam kembali diberikan makanan hijau.

  • Pola 4 Kali Sehari

Ini adalah pola selang seling. Dimana ketika pagi hari diberikan makanan tambahan, siang hari diberikan makanan hijau, sore diberikan lagi makanan tambahan dan pada malam hari diberikan makanan hijau lagi.Itulah beberapa cara pemberian pakan pada kambing dombayang bisa dilakukan. Agar lebih jelas bagaimana memlihara domba agar bisa gemuk-gemuk, cobalah mengikuti pelatihan peternakan. Di sini anda akan diajari bagaimana beternak kambing atau domba sehingga menghasilkan hewan ternak yang berkualitas. Jika berminat, segera kunjungi www.pelatihanpeternakan.com. Beragam pengetahuan tentang budidaya hewan ternak yang baik dan menguntungkan bisa anda dapatkan di sini

Leave a Reply

Open chat
CHAT WA Disini