Bagaimana cara Wirausaha Ternak Domba yang benar ?

Wirausaha ternak domba menjadi pilihan usaha yang dapat dijalankan dengan melihat dukungan sumber daya alam yang ada di sebagian besar daerah negeri kita. Wilayah usaha peternakan ini menjadi salah satu sector usaha agrarian yang menjanjikan.

Peluang Usaha

Wilayah negeri kita memiliki peluang usaha yang cukup besar untuk wirausaha ternak domba ini. Dengan kondisi masyarakat sebagian besar adalah muslim, peluang ini cukup terbuka dengan sangat lebar. 

Domba merupakan jenis hewan yang dibutuhkan pada saat hari raya Idul Adha atau hari raya kurban sebagai hewan sembelihan. Selain itu, untuk acara aqiqah pun, domba menjadi satu pilihan hewan yang dapat digunakan dengan harganya yang cukup terjangkau.

Untuk saat ini, memang usaha ternak domba ini sudah dijalankan oleh beberapa kalangan masyarakat. Namun, justru hal ini memberikan peluang usaha tersendiri bagi Anda yang ingin mencoba untuk memulai usaha ini. Karena, keberadaan pelaku bisnis yang sudah ada memberikan kemudahan dalam mencari bibit unggul untuk digunakan sebagai modal awal memulai usaha ini. 

Dengan ketersediaan bibit yang lebih mudah di pasaran, hal ini memberikan jaminan akan keberlangsungan usaha itu sendiri. Sehingga Anda tak perlu cemas dan khawatir akan menghadapi kesulitan di awal masa memulai bisnis ini.

Memulai Usaha

Memulai wirausaha ternak domba ini memang ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Lokasi. Hal pertama yang patut untuk disiapkan dengan tepat adalah mengenai lokasi kandang. Memang, ada beberapa pertimbangan mengenai lokasi yang tepat ini, terutama jika Anda menggunakan areal kandang yang dekat dengan pemukiman warga. Perlu dilakukan pendekatan dengan warga setempat agar tidak sampai mendapatkan respon yang negatif. Selain itu, pembuatan kandang itu sendiri harus dilakukan dengan sesuai, yaitu kandang dengan jenis panggung. Hal ini tentu saja juga memiliki manfaat dalam hal pembersihan kotoran domba.
  2. Pakan. Pakan domba terdiri atas dua jenis, yaitu pakan hijau dan pakan campuran. Untuk pakan hijau, Anda dapat memperolehnya dari lingkungan alam sekitar berupa rumput dan dedaunan. Sedangkan untuk pakan campuran, Anda pun dapat memilih untuk menggunakannya atau tidak. Pemberian pakan secara tepat juga akan memberikan pengaruh pada perkembangan ternak domba yang Anda jalankan. Maka dari itu, perihal ini juga harus sudah disiapkan sejak awal.
  3. Perlengkapan kesehatan. Jangan pernah menganggap remeh hal ini karena perlengkapan kesehatan ini akan mendukung perkembangan dan pertumbuhan domba-domba yang diternakan. Hal ini mencakup obat dan vaksin untuk domba. 
  4. Indukan. Anda harus tepat dalam mencari indukan dengan kualitas yang memadai. Carilah indukan, baik betina dan jantan dari kualitas yang sempurna tanpa memiliki riwayat penyakit atau pun cacat fisik. Kualitas tinggi dari indukan ini juga dapat dilihat dari penampilan fisik, misalnya tinggi badan dan berat badan serta beberapa kriteria tertentu dari bagian tubuh domba. Dengan pemilihan indukan yang tepat dengan kualitas yang memadai, hal ini akan sangat memperngaruhi proses pembibitan domba di tahap selanjutnya. 

Inilah beberapa hal mendasar yang perlu Anda pikirkan dan siapkan saat akan memulai wirausaha ternak domba. Jika Anda mengalami kebingungan, www.pelatihanpeternakan.comakan membantu anda untuk mengatasi kebingunan Anda dengan memberikan informasi dan pengetahuan yang Anda butuhkan. Segera kunjungi situs atau website kami tersebut dan dapatkan berbagai informasi penting seputar ternak domba yang Anda butuhkan

Leave a Reply

1
Klik tombol logo WA untuk bertanya ..
Powered by