Analisa Ternak Domba 2019

Kita sudah berada di satu tahun yang baru. Bagi pelaku bisnis, tentu harus mampu membaca peluang yang diberikan di tahun baru ini guna perkembangan bisnis atau usaha yang dijalankan. Demikian pula dengan analisa ternak domba 2019 perlu pula diketahui untuk mencapai tujuan maksimal dan optimal dalam bisnis ini.

Saat ini dapat dikatakan bahwa memang negara kita, Indonesia menjadi satu areal lokasi yang sangat cocok dan sesuai untuk menjalankan bisnis ternak domba ini. Hal ini didukung oleh keadaan lingkungan alam yang sangat mendukung untuk ternak domba ini, mengingat lahan hijau masih dapat ditemukan dengan mudah dan kebutuhan akan domba pun juga semakin meningkat.

Peluang Bisnis

Dalam menganalisa peluang bisnis yang ditawarkan oleh ternak domba ini, kita dapat mengkaitkannya dengan keberadaan masyarakat setempat, yaitu Indonesia. Dengan sebagian besar penduduk Muslim, domba memiliki peluang pasar yang lumayan menjanjikan.

Domba menjadi salah satu hewan yang dapat dikurbankan pada hari raya Kurban. Dengan ini, kebutuhan akan domba menjelang hari raya ini tentu akan meningkat. Selain itu, dalam syariat islam terdapat aqiqah dengan menggunakan salah satunya adalah hewan domba ini. Hal ini pun juga memberikan peluang tersendiri. Terlebih saat ini, aqiqah juga sudah banyak dipahami dan dijalankan oleh sebagian besar umat muslim yang ada di dalam negeri.

Masalah pembibitan ini pun juga patut untuk diperhatikan karena nanti, domba yang kita bisniskan akan berkembang biak dan inlah yang akan menentukan tingkat keberhasilan dan capaian domba yang mereka miliki.

Analisa Ternak Domba 2019

Kendala Bisnis

Selain dari peluang, analisa ini masih menemukan beberapa kendala bisnis yang menghadang. Kendala pertama adalah mengenai hal teknis. Sebut saja masalah recording dan juga perawatan domba hamil. Perihal recording ini juga dapat berkaitan dengan pencatatan masa birahi hewan ternak, masa reproduksi, masa kawin dan juga masa kehamilan. Dengan pencatatan yang tidak tepat, tentu akan menghasilkan pada tindakan penanganan yang tak tepat pula. Sehingga untuk mengatasi hal ini perlu dimunculkan tindakan pencatatan yang tepat dan sesuai.

Kendala lain adalah mengenai keberadaan lahan hijau yang semakin berkurang di lingkungan sekitar kita. Di masa terdahulu, peternak bisa jadi tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan pakan hijauan ternak. Di sekitar lingkungan tempat tinggal kita, terdapat lahan kosong yang dapat difungsikan sebagai lahan pembudidayaan rumput guna pakan ternak.

Saat ini, alih fungsi lahan terjadi besar-besaran di beberapa daerah dalam negeri. Beralihanya fungsi lahan pertanian ini tentunya juga memberikan pengaruh pada ketersediaan bahan pakan hijauan untuk ternak domba kita. 

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat untuk meningkatkan jumlah pembibitan rumput sebagai pakan ternak. Atau, cara lain adalah dengan mempersiapkan pakan konsentrat. Untuk pakan konsentrat ini, tentu Anda harus mengadakan komunikasi dengan pihak tertentu untuk mendapatkan informasi mengenai hal ini.

Pemberian pakan pun dapat dikombinasi dengan dua jenis pakan ini, yaitu pakan hijauan dan pakan ternak. Hal ini masih bisa dilakukan. Dalam sehari, diberikan variasi jenis makanan yang menarik bagi domba sehingga domba-domba dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih maksimal lagi.

Inilah analisa ternak domba 2019 yang patut untuk dijadikan sebagai acuan dalam melangkah dan memulai bisnis ternak domba ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjugi situs atau website kami di www.pelatihanpeternakan.com. Ada serangkaian informasi dan kategori pendidikan yang akan dibagi oleh personel yang sudah mumpuni di bidangnya, yaitu ternak domba. 

Leave a Reply

1
Klik tombol logo WA untuk bertanya ..
Powered by